pramukanet's Fan Box

pramukanet on Facebook
The Scout of The World Award
Ketika kami haiking di persinggahan mbah google, saya temukan sesuatu yang menarik tentang kegiatan yang berhungan dengan aktifitas penegak pandega. Sayang kalau tidak disosialisasikan bahkan tidak ada tindak lanjut sama sekali. Lebih baik anda juga disarankan cek ke yang berkompeten dengan The Scout of The World Award

APA YANG DIMAKSUD DENGAN PENGHARGAAN PRAMUKA DUNIA ?
• Pengertian
The Scout of The World Award adalah sebuah inisiatif untuk membantu
NSO/Kwartir Nasional merevitalisasi program mereka untuk usia Pramuka Penegak
dan Pramuka Pandega, 15-26 tahun, putra dan putri, dengan memberikan keterampilan dan kesempatan pada orang muda untuk menghadapi tantangan dan permasalahan di dunia.
The Scout of the World Award sudah dikembangkan pada kerangka prioritas strategi “Youlth Involvement – Pelibatan angota dewasa muda” dan “anggota muda” yang telah disetujui pada World Scout Conference di Thessaloniki pada tahun 2002.
Ini ditujukan kepada angota muda usia 15-26 tahun, Pramuka (Penegak dan Pandega) dan bukan Pramuka, dengan kemauan untuk memberikan sumbangsihnya untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik. Ini harus bisa membantu untuk mengembangkan program untuk usia Penegak. Hal ini
mengapa Kwarnas dilibatkan untuk bisa mengintegrasikan The Scout of the World Award dalam program untuk golongan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega.
• Tujuan Pendidikan
The Scout of The World Award bertujuan untuk membantu orang muda untuk mencapai tujuan pendidikan berikut:
Kemampuan untuk menerangkan tantangan-tantangan bagi dunia saat ini
Kemampuang untuk hidup dan turut serta pada konteks intelektual
Rasa solidaritas dan semangat kebersamaan
Kemampuan untuk mencari dan menganalisis informasi
Kemandirian dan kepemimpinan
Kemampuan untuk bernegosiasi, menjembatani, dan teknik pemecahan masalah
Kemampuan untuk membangun dan mengatur proyek-proyek bersama

Komponen
The Scout of the world Award (SW Award) memiliki dua komponen:
The Scout of the World Discovery (Petualangan)
The Scout of the World Voluntary Service (Bakti Masyarakat)
The Scout of the World Award ditujukan untuk perorangan untuk mendapatkan
“Scout of the World Discovery” dan “Scout of the World Voluntary Service” Orang muda yang telah mendapatkan SW Award dipersilahkan untuk bergabung ke dalam SW Network-jaringan pramuka dunia.

The Scouts of the World Discovery
SW Discovery adalah petualangan selama beberapa hari, dan ditujukan fokus pada lingkungan hidup, pembangunan, atau perdamaian.

Proses
SW Discovery memiliki tiga langkah:
1. Eksplorasi (“Apakah itu – untuk mencari informasi?”): petualangan langsung pada satu atau lebih aspek dari MDGs, sebagai contoh:
Hiking pada hutan yang terancam polusi
Mengunjungi suku atau komunitas tertentu yang mengalami ketidakadilan atau rasisme
Mengunjungi kamp pengungsi
2. Merespon (“Apa artinya untukku”): memproses informasi yang terkumpul dan
membangun perasaan komitmen personal pada masalah dimaksud melalui proses berfikir secara kritis mengenai penyebabnya dan konsekuensinya.
3. Turut Berpartisipasi (“Apa yang bias saya lakukan”): membuat proyek perorangan untuk menginkatkan kepedulian masyarakat tentang masalah yang berkembang dan kontribusi pemecahannya.

Isi
1. Pengedalan pada Scout of the World Award
2. Explorasi aktif pada Milllennium Challenges and goals (“Exploring”)
3. Berbagi hasil dari eksplorasi dan refleksi yang telah dilakukannya (“Respon)
4. Pelatihan: memperoleh skil (kemampuan) untuk bisa menset (mengatur) dan menjalankan proyek perorangan (“ikut Ambil bagian”), contohnya:
Teknik-teknik pemecahan masalah
Kemampuan berkomunikasi
Kemampuan perencanaan dan organisasi
Pembaharuan sumber-sumber energi
Negosiasi dan perantara

5. Kesimpulan: bagaimana mengembangkan kesukarelaan Kegiatan Bhakti atau proyek
Sukarelawan Kegiatan Bhakti
Setelah menyelesaikan SW discovery , pemuda/i yang berminat mendapatkan penghargaan SW harus menyelesaikan kegiatan bakti masyarakat , dengan maksud agar dapat berpartisipasi dalam menyelesaikan masalah yang terkait dengan tujuan pembangunan dunia dalam era millenium
Waktu yang diperlukan untuk bakti masyarakat paling sedikit 2 minggu penuh , dengan durasi waktu kerja penuh (tidak paruh waktu). Bentuk dari bakti masyarakat SW , dapat mengambil 2 bentuk , (1). Membantu kegiatan yang telah berjalan dan
dikembangkan oleh organisasi (kepramukaan , lembaga kepemudaan , NGO / Non- Govermental-Organization / Lembaga non Pemerintah) (2) mengembangkan proyek
spesifik bakti masyarakat bersama kelompok atau teman.
Contoh kegiatan Bakti masyarakat :
Ikut serta dalam perkemahan karya untuk perlindungan lingkungan
merencanakan dan menjalankan "Desa Pengembangan Global" dalam suatu event remaja Internasional

• Bagaimana cara untuk mendapatkan Penghargaan kepramukaan ?
Pemuda/i yang berusia 15-26 tahun , anggota/bukan anggota pramuka di negaranya , memiliki kesempatan untuk mendapatkan penghargaan.Langkah langkah yang harus diikuti :
Menghubungi Kwartir Nasional dan bertanya mengenai SW Award dan buku
Log/catatan SW.Tanyakan lebih jelas mengenai tempat dimana kita bias mendapatkan Pendalaman / pengamatan SW (SW discovey), dan bagaimana cara mendaftarnya .
Mendaftar , dan menyelesaikan pendidikan SW discovery dengan tujuan untuk menambah pengetahuan dan kemampuan , untuk memeprsiapkan diri untuk kegiatan bhakti masyarakat SW.
Melakukan kegiatan bakti masyarakat SW , baik secara sendiri maupun berkelompok
Menyelesaikan proses dan laporan evaluasi , dan mencatat semua aktivitasnya dalam Paspor SW , yang bisa didapatkan dari buku agenda SW , dan mengirimkannya ke kantor SW pusat / Kwarda / Kwarnas masing masing. Jika syarat dan kelengkapan semua sudah dipenuhi, SW Award akan diberikan.

Pramuka berbasis Dunia
Di seluruh dunia , terdapat ribuan pangkalan pramuka dan juga bumi perkemahan , mereka semua diundang untuk menjadi pramuka berbasis dunia , dan memainkan peran utama dalam pengembangan program. Secara temporal - pada waktu tertentu – SW dapat dibentuk pada waktu eveneven
nasional maupun internasional. SW base (tempat pelaksanaan SW) diperkenankan dan ditunjuk oleh Kwarnas. Silahkan lihat lebih detail pada bab “bagaimana membangun SW base” di buku ini. Pramuka berbasis dunia ditujukan untuk:
Mempromosikan Scout of the World Award
Mengatur Scout of the World Discoveries (petualangan)
Memberi kesempatan kepada para Pramuka untuk melaksanakan kegiatan bakti sukarela di mana pun berada
Mengatur pertukaran dengan berbagai SW base (tempat-tempat pelaksanaan SW)
Penganugerahan SW Award (penghargaan SW)

Jaringan Pramuka Dunia (SW Network)
Definisi
SW Network terbuka bagi Pramuka untuk memperoleh SW Award. Misinya adalah
untuk:
Membangun persahabatan dan solidaritas diantara pramuka dan pemuda di seluruh dunia
Memberikan dukungan pada proyek-proyek untuk memberikan kontribusi pada pebangunan dunia menjadi tempat yang lebih baik
Mendukung pemuda yang ingin untuk menyiapkan SW Award
Memberikan dukungan antara SW Network dan anggota lainnya

-Bagaimana menjadi anggota SW Network
Untuk menjadi anggota SW Network, seorang Pramuka harus mengirimkan
fotokopi dari pengenal SWnya ke World Scout Bureau (WSB)
The Scouts of the World Partnership (SW Partnership)
SW Partnership dibentuk oleh Kwarnas (NSO) yang telah mengadopsi SW Award. Ini didukung oleh WSB – pusat, dan kantor regional (Manila untuk Asia Pasifik) SW Partnership memiliki misi:
Untuk memfasilitasi mereka dan pertukaran pengalaman dan juga sumberdaya antara NSO (kwarnas) yang tergabung dalam SW Award
Untuk mengelola kerjasama dan pertukaran antara SW base yang berbeda-beda, untuk menyediakan bagi pemuda berbagai macam pilihan dari SW discoveries dan kegiatan bakti
Untuk mendukung SW network pada level internasional

Struktur Pendukung
• Pada level nasional
Setiap kwartir nasional diharapkan segera mengadopsi SW Award – diharapkan segera membentuk kelompok kerja untuk SW, yang dibentuk dari kalangan professional dan anggota dari SW Network, yang akan bertugas untuk mempromosikan dan memberikan dukungan dari implementasi SW Award.
Kelompok kerja ini harus diintegrasikan dengan tim nasional dan Pramuka penegak dan Pramuka Pandega)
Kelompok kerja SW memiliki misi sebagai berikut:
Untuk memberikan informasi tentang SW Award dengan berbagai media yang sesuai: majalah, website, pameran, distribusi informasi SW baik di cabang, daearah, dan kwartir nasional.
Untuk mengatur SW base dimana pemuda bisa memperoleh SW discovery dan didukung untuk melaksanakan SW Voluntary Service (Kegiatan bakti/bina masyarakat)
Untuk mendukung persiapan dan pengelolaan SW discoveries dan SW voluntary Service.
Untuk memastikan agar informasi SW Award sampai dengan baik dengan berbagai media yang sesuai, baik langsung dari tingkat nasional atau dari SW base
Untuk memastikan partisipasi dari kwartir nasional (NSO) pada SW Partnership (lihat halaman tentang SW - 41) untuk mendukung pertukaran pemuda dan kegiatan bakti yang bekerja sama dengan kwartir nasional – kwartir nasional
Negara lain.
Untuk mendukung SW Network

Pada tingkat Regional
Setiap perwakilan regional (di Manila untuk Asia Pasifik) akan melihat cara terbaik untuk mendukung SW Award. Ini bisa melalui tim yang terintegrasi di dalam kelompok kerja atau grup kerja yang bertanggung jawab pada “anggota muda”
pada prioritas strategis (Strategic Priority) Didukung oleh Direktur Program Regional, tim ini memiliki misi sebagai berikut:
Untuk mengenalkan SW Award pada kwartir nasional (NSO) di wilayahnya.
Mendukung kwatir nasional (NSO) untuk mengatur dan melaksanakan SW Award
Memberikan kontribusi pada pada pendidikan dan pelatihan sumber daya yang akan mengadaptasi SW Award pada latar belakang khusus di wilayahnya
Mengatur dan mendukung SW Network dan SW Partnership di wilayahnya (region)

Pada tingkat Dunia
Komisi teknik SW dibentuk dengan tujuan untuk memastikan pengembangan SW Award. Komisi ini langsung ditempatkan dibawah sekretaris jeneral dan bekerja dengan dukungan departemen Pendidikan, Riset, dan Pengembangan WSB, yang
terdiri dari pemuda dan para ahli dari berbagai wilayah (region)
Komisi ini memiliki misi:
Mempromosikan SW Award di dalam Gerakan Kepanduan dan juga di luar kepanduan
Mendukung kelompok kerja tim SW nasional dan regional
Menerbitkan materi pendidikan dan pelatihan untuk mendukung pelaksanaan SW Discoveries (petualangan) dan SW Voluntary Services (kegiatan bakti), dan mendukung pengembangan dari SW Network dan SW Partnership.

Sumber : www.scoutsoftheworld.net

No comments: